Manfaat Buah Apel untuk Darah Tinggi

03.29
Manfaat Buah Apel untuk Darah Tinggi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah masalah kesehatan yang jarang diketahui sejak dini karena seringkali tidak menampakkan tanda-tanda. Namun Anda bisa mengetahuinya dari faktor resiko seperti memiliki kelebihan berat badan, jarang olahraga atau terlalu banyak mengkonsumsi kafein. Jika Anda memiliki gaya hidup yang kurang baik, cobalah untuk mengkonsumsi lebih banyak buah seperti apel. Anda akan mendapatkan manfaat buah apel untuk darah tinggi jika mengkonsumsi secara rutin.

Apabila hipertensi tidak diketahui dan dikontrol dengan baik, maka bisa mengakibatkan jantung koroner, strike hingga gangguan penglihatan. Penurunan hipertensi memang bisa dilakukan dengan obat, khususnya bagi pengidap hipertensi pada stadium 1 dan 2. Namun jika Anda masih berada pada tekanan sistolik 120-129 mmHg dan tekanan diastolic 80-89 mmHg maka bisa mengatasinya dengan konsumsi buah untuk darah tinggi.

Darimanakah Asal Manfaat Buah Apel untuk Darah Tinggi?


Buah apel adalah salah satu buah yang sangat disarankan untuk sering dikonsumsi para pemilik tekanan darah tinggi selain kiwi, pisang atau strawberry. Bagian dari buah apel yang paling memiliki kandungan baik untuk memerangi hipertensi justru pada kulitnya. Jadi jika Anda ingin mengkonsumsi jus penurun darah tinggi dari apel, jangan kupas kulitnya.

Baca juga: Manfaat Buah Mengkudu Untuk Darah Tinggi

Menurut penelitian dari Kanada yaitu Nova Scotia Agricultural College, jumlah zat alami pada kulit apel enam kali flavonoid lebih banyak daripada obat yang digunakan untuk mengontrol hipertensi. Flavonoid dalam kulit apel berpotensi tinggi dalam menghambat enzim pemicu hipertensi yang disebut dengan ACE.

Manfaat buah apel untuk darah tinggi tidak hanya berhenti pada kulitnya, artinya daging buah juga perlu dikonsumsi. Dalam sepotong buah apel terdapat 117 mg kalium yang mampu meningkatkan produksi urine, Sehingga terbentuk keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Kandungan kalium yang tinggi akan menjaga tekanan darah lebih stabil di angka 120/80 mmHg.

Anda bisa mengkonsumsi buah apel sebagai snack di pagi dan malam hari, karena tidak ada efek samping yang diberikan, berbeda jika terlalu sering mengkonsumsi obat. Walaupun manfaat buah apel untuk darah tinggi telah terbukti, namun Anda tetap harus mengatur gaya hidup yang lebih sehat seperti rutin berolahraga, perbanyak makan sayuran dan hindari merokok.

0 komentar